Konstruksi Box Culvert pada Jembatan

Box culvert yaitu gorong-gorong cor di pabrik (precast) ataupun dicor di tempat, dimensi tergantung kepada debit air yang akan dialirkan melewati gorong-gorong. Gorong-gorong yang dicor di pabrik bisa utuh dengan format profil bulat atau persegi maupun trapesium, ataupun modular yang terpisah atas dengan bawah (top bottom). Box culvert diterapkan untuk mengalirkan air (irigasi, air hujan, air limbah) melalui bawah jalan, bahwah saluran atau bawah rel kereta api. Beton pracetak ini juga berfungsi sebagai jembatan ukuran kecil.

Mengapa memilih box culvert beton pracetak ?

Pada umumnya pembuatan box culvert memunculkan situasi sulit kemacetan lalu-lintas. Pembangunan box culvert melintasi jalan raya (crossing) mewajibkan pihak pelaksana pengerjaan dan pihak berkaitan merekayasa arus lalu-lintas menjadi separuh jalan atau mengalihkan arus lalu-lintas ke jalan lain. Jika tidak demikian karenanya pelaksana pekerjaan mesti membuat jalan sementara di sisi jalan yang demikian menimbulkan biaya penyokong yang besar di luar biaya konstruksi. Pembangunan box culvert beton dengan sistem cor di tempat membutuhkan waktu minimal 2 bulan.

Seluruh imbas hal yang demikian bisa dicegah dan tak perlu terjadi bila pembangunan gorong-gorong mempergunakan teknologi box culvert beton pracetak, tak perlu menunggu berbulan-bulan, cukup dengan waktu 3-4 hari untuk pemasangan box culvert beton pracetak yang telah dicetak di pabrik sebelumnya, dan otomatis juga tidak memunculkan kerugian seperti kerusakan jalan opsi.

Tahap paling awal dari pengerjaan ialah survey lokasi untuk mendata situasi existing. Kumpulkan segala data bagus berupa foto, data pengevaluasian dan keadaan sosial di lingkungan pekerjaan. Di bawah ini yakni figur keadaan existing pengerjaan saluran di lokasi yang sempit. Dari foto tersebut menonjol situasi sekitar sungai yang dipenuhi oleh bangunan rumah penduduk di atas bantaran sungai. Dengan hasil survey ini bisa direncanakan cara cara kerja dan antisipasi imbas sosialnya.

Fabrikasi beton pracetak

Bila dimensi box culvert sudah ditetapkan, beton pracetak ini patut seketika diorder ke pabrik. Semakin pesat pemesanan dilakukan karenanya laju pekerjaan akan langsung berjalan.

Galian tanah

Penggalian tanah dijalankan dengan mengaplikasikan excavator. Kebutuhan-hal yang perlu dipandang dalam penggalian yakni :

  • Elevasi rencana.
  • Situasi dump truck untuk buang tanah.
  • Pembuatan kisdam untuk menahan aliran air sungai.
  • Pengalihan aliran air sungai selama proses galian hingga pemasangan box culvert.
  • Tanggul, seandainya terdapat bangunan rumah penduduk wajib dipasang turap, lazimnya berupa wf atau teel sheet pile.
  • Penggalian dikerjakan per segmen, misalnya 12 m, tiap proses 1 segmen meliputi penggalian sampai dengan pemasangan box culvert beton pracetak.

You may also like...

Popular Posts