Pengaplikasian Pre-stressed Concrete (Beton Prategang) pada Sistem Konstruksi

Beton merupakan material konstruksi yang dipilih dari 1 hingga sekian material dan paling banyak diaplikasikan dari waktu ke waktu. Beton juga menyesuaikan dan berkembang menurut kondisi dan kebutuhan suatu bangunan. Hal tersebutlah yang melatarbelakangi proses pembuatan prestressed concrete hingga sampai saat ini. Walaupun keberadaannya masih baru di pasaran jika dibandingkan dengan concrete biasanya nya, penggunaan dan manfaat yang disebabkan Kian dipilih dan direkomendasikan pada setiap proyek konstruksi. Berikut ini adalah manfaat dan pengaplikasian dari concrete tersebut.

Pengertian Prestressed Concrete

Concrete Prestressed dalam bahasa Indonesia adalah istilah beton prategang. Hal ini dikarenakan di dalam beton ini terdapat tegangan tegangan yang memiliki fungsi untuk mengurangi daya tarik sehingga resiko retak dapat diminimalisir. Dengan adanya concrete prestressed ini bermula pada sebuah asumsi bahwa concrete hanya dapat menahan kuat beban berat saja namun tidak mampu menahan gaya tarikan di sekelilingnya. Untuk meminimalisir hal tersebut atau menghalau daya tarik tersebut maka dibuatlah beton dengan materialnya berasal dari bahan baja. Hal tersebut dikarenakan material baja sangat mampu menahan daya tarik secara proposional dan baik. Dengan terpilihnya material baja pada concrete prestressed selama ini sangat terbukti bahwa memberikan pengaruh baik terhadap ketahanan dari concrete secara menyeluruh.

Proses perancangan tekanan pada concrete prestressed bisa dilakukan dengan dua metode. Kedua metode tersebut sama-sama harus menggunakan peralatan yang khusus. Metode pertama yaitu metode pra tarik yang mana perancangan tegangan dilakukan sebelum beton dicor dan sebelum beton mengeras. Lalu metode kedua yaitu pasca tarik di mana rancangan tegangan dilakukan saat beton telah di cor dan mulai mengeras.

Aplikasi Prestressed Concrete dalam Kehidupan

Setelah memahami apa itu concrete prestressed maka hal selanjutnya adalah penggunaan atau pengaplikasian concrete prestressed di dalam kehidupan sehari-hari. Dibawah ini adalah sejumlah aplikasi concrete prestressed yang perlu Anda pahami.

Solusi dari Masalah Keretakan

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa concrete prestressed menjadi retak karena tidak kuat menahan daya tarik yang ada. Maka dari itu keberadaan concrete prestressed sangat membantu dalam memecahkan suatu masalah keretakan yang terjadi pada beton secara keseluruhan. Jika retakan pada batuan tersebut tidak segera diperbaiki maka masalahnya dapat menimbulkan masalah baru yang tidak kalah membahayakan. Khususnya pada concrete yang memiliki fungsi di bagian pondasi, seperti bangunan bertingkat ataupun jembatan.

Sebagai Pencegah Korosi dan Kerusakan Fatal

Penggunaan lainnya dari concrete prestressed adalah mampu menghindari terjadinya pengikisan, korosi dan juga kerusakan fatal lainnya yang biasa terjadi pada tubuh beton. Seperti masalah keretakan, korosi juga dapat berakibat fatal jika tidak ditangani dengan segera. Dengan adanya concrete prestressed maka kerusakan fatal dapat dihindari dan diminimalisir. Concrete tersebut dapat diletakkan pada area dengan tingkat korosif yang tinggi.

Membuat Concrete Menjadi Tahan Lama

Concrete Prestressed dapat digunakan untuk membuat kualitas beton menjadi lebih tahan lama dan kuat dalam menahan beban yang berat bahkan seperti daya tarik beton sekalipun. Inilah yang menyebabkan beton dapat diaplikasikan pada berbagai macam proyek konstruksi, khususnya pada konstruksi infrastruktur yang banyak memilih produk beton berkualitas tinggi. Sangatlah wajar jika concrete prestressed digunakan pada proyek konstruksi konstruksi besar misalnya pembangunan gedung yang tinggi, jembatan dan masih banyak lagi.

Membuat Concrete Memiliki Bentuk Ramping & Rapi

Concrete Prestressed juga dapat digunakan untuk membuat concrete yang lebih ramping. Dengan hal tersebut, concrete yang telah dipasang akan nampak lebih rapi dan juga indah. Dengan penampilannya yang rapi dapat dengan mudah meningkatkan efisiensi penggunaan pada beragam kebutuhan konstruksi pembangunan.

Untuk itu keberadaan concrete prestressed atau beton prategang ini tidak hanya memiliki nilai kekuatan yang saja tetapi juga memiliki nilai estetika yang ikut melengkapi dalam pengaplikasiannya.

You may also like...

Popular Posts