• info@megaconperkasa.com
    Sinpasa Commercial Blok C , 15 Summarecon, Marga Mulya, Bekasi Utara, Jawa Barat 17143

  • Pengertian, Fungsi, & Kelebihan Concrete Pump (Pompa Beton)

    Pompa beton atau yang sering disebut sebagai concrete pump adalah material yang dipakai sebagai alat transfer beton ke lokasi pengecoran. Alat transfer concrete pump termasuk alat berat yang efektif dalam membantu dan mempermudah segala aktivitas dalam pembangunan konstruksi. Bentuk concrete pum mirip seperti pepat tunggal dengan nama lain pompa kodok (pompa portable). Ia dapat bekerja secara maksimal jika sudah ditarik oleh concrete pump truck.

    Selain dipakai sebagai alat transfer  beton ke lokasi proyek, alat ini dapat memindahkan muatan dari satu tempat ke tempat lain. Untuk kebutuhan tersebut ia bekerjasama dengan bantuan truk mixer atau truk molen. Concrete pump dibuat secara khusus karena terdapat pompa yang memiliki lengan (boom) sehingga ia dapat memompa campuran beton readymix ke lokasi cor yang bahkan sulit terjangkau.

    Macam-macam Jenis & Ukuran Concrete Pump

    Sudah banyak yang mengetahui bahwa concrete pump telah tersedia dengan beragam jenis dan ukuran yang bisa dimanfaatkan sesuai kebutuhan proyek. Jika anda sedang mencari produk concrete pump ini anda harus ketahui dulu alat seperti apa yang cocok diaplikasikan dengan keperluan proyek yang Anda kerjakan. Berikut adalah macam-macam ukuran concrete pump yang perlu Anda ketahui:

    Concrete Pump Standar

    Concrete pump jenis ini sudah biasa kita temukan pada area konstruksi pembangunan. Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh concrete pump ini adalah ia tidak membutuhkan lahan yang luas dalam mengoperasikannya. Ditambah lagi lengan robot (boom) dapat dimanfaatkan untuk mentransfer beton cor dalam jarak pemindahan cukup panjang, jadi anda dapat memindahkan beton cor dengan lebih efisien. Ukuran yang dimiliki oleh concrete pump biasanya adalah sekitar 18 meter sampai 21 meter, dengan lebar kendaraan atau truk mencapai 2,8 meter dengan panjang 8,2 meter.

    Mini Concrete Pump

    Jenis concrete pump yang memiliki ukuran lebih kecil dari jenis di atas. Ukuran dari truk jenis ini sesuai standar. Salah satu hal yang membuat concrete pump ini terlihat unik karena memiliki lengan (boom) mencapai 27 meter dan lebar kendaraan 2,8 dengan panjang yang mencapai 12 meter.

    Super Longboom Concrete Pump

    Dengan mendengar namanya saja anda pasti tahu bahwa lengan yang dipakai pada concrete pump ini memiliki ukuran lebih panjang dari concrete pump jenis lainnya. Perlu Anda ketahui, bahwa Super Longboom Concrete Pump dapat digunakan untuk lokasi konstruksi dimana bangunannya memiliki tinggi sampai 6 lantai, ukuran lengan pada Super Longboom Concrete Pump yakni 32-36 meter, dengan lebar truk 2,8 m, dan panjang kendaraannya 12 meter.

    Master Longboom Concrete Pump

    Ada lagi jenis concrete pump yang memiliki bentuk lengan lebih panjang dari Super Longboom Concrete Pump, yaitu Master Longboom Concrete Pump. Memiliki nama sebagai alat Master lengan yang dimilikinya benar-benar sangat panjang yaitu mencapai 46 meter, dengan spesifikasi lebar kendaraan 2,8 meter dan panjang 12 meter.

    Portable Concrete Pump

    Salah satu jenis pompa kodok yang sering dimanfaatkan untuk mendistribusikan beton cor ke lokasi konstruksi. Panjang jangkauan transfer beton cor yang dapat dilakukan untuk portable adalah 500 meter secara horizontal. Jenis concrete pump ini dapat digunakan untuk mentransfer sampai lantai 10 pada gedung bertingkat.

    Metode Cara Kerja Concrete Pump

    Perlu Anda ketahui bahwa concrete pump tidak dapat dipisahkan dengan mixer truck yang mana fungsinya adalah sebagai peralatan pengolah beton cor di dalamnya. Concrete pump memiliki lengan robot atau bisa disebut sebagai boom yang dijadikan sebagai alat penyalur beton pada jarak atau ketinggian tertentu, jadi transfer bisa dilakukan secara horizontal maupun vertikal tergantung kebutuhan lokasi pengecoran pada proyek. Panjang yang dimiliki oleh concrete pump mempengaruhi jarak yang bisa ia tempuh, jadi sebelum memilih produk ini pastikan dahulu jangkauan lokasi yang dibutuhkan. Caranya dengan menyambung pipa secara vertikal / horizontal sesuai dengan panjang kebutuhan proyek.

    Kelebihan yang dimiliki oleh boom / pipa lengan adalah dapat disesuaikan untuk segala kondisi area proyek. Tidak cuman bisa digunakan untuk kondisi horizontal dan vertical saja, alat bisa dapat bekerja dengan kemiringan tertentu. Pergerakan dari lengan dapat diatur menggunakan remote control sampai pengorasiannya mudah dikendalikan oleh operator yang menjalankannya.

    Alasan Menggunakan Pompa Beton (Concrete Pump)?

    Bagi anda yang baru dalam dunia konstruksi tentu belum mengetahui apa saja manfaat dan mengapa harus menggunakan material concrete pump dalam dunia konstruksi. Berikut akan kami paparkan mengenai manfaat yang diberikan oleh pompa beton ini.

    Alasan utama anda sebaiknya memakai alat ini karena dapat memudahkan segala aktivitas dalam konstruksi pembangunan, lebih praktis, hemat waktu dan tenaga. Pompa beton adalah solusi terbaik untuk memudahkan proses pembangunan dimana jangkauan lokasinya sulit, dengan menggunakan alat ini proses pekerjaan dan waktu pekerjaan bisa lebih dipersingkat. Concrete pump dapat membawa material beton ke lokasi cor dengan stabil dan lebih cepat dibandingkan dengan cara membawa adukan beton yang menggunakan tenaga manusia padahal lebih beresiko mengalami sekresi beton.  Untuk kebutuhan ini yang perlu anda perhatikan adalah kondisi kekentalan beton, karena keefektivan yang dimiliki concrete pump tergantung betonnya. Semakin kental adonan maka kerjanya semakin berat.

    Anda dapat mengaplikasikan alat pompa beton / concrete pump untuk mempercepat pekerjaan beton. Meski begitu, anda harus mengetahui prosedur-prosedur dalam pengaplikasian pompa beton ini supaya  resiko terjadi kerusakaan alat tidak dapat terjadi. Jika pompa beton mengalami kerusakan dan kedala, hal ini bisa berdampak pada turunnya jadwal atau schedule waktu penyelesaian proyek.

     

    You may also like...

    Popular Posts