Konstruksi Jembatan dengan Box Culvert

Box culvert atau yang juga biasa disebut gorong-gorong beton kotak yakni sebuah bahan konstruksi yang diciptakan dari beton bertulang berbentuk segi empat. Konstruksi ini mempunyai spigot dan soket yang membuatnya kedap air tanah dan tetap menyatu ketika terjadi pergeseran tanah.

Box culvert adalah saluran air bawah tanah yang pantas dipakai untuk lahan yang terbatas. Kedalaman dan ketinggiannya terbatasi, melainkan membutuhkan ruang saluran yang lebar dan dangkal serta dapat menangani arus pantas yang dibutuhkan. Beberapa contoh penggunaan material ini yakni sebagai gorong-gorong jalan raya, gorong-gorong kereta api, jembatan jalan raya yang pendek, atau terowongan.

Produk ini bisa dibuat dengan profil bulat, persegi, trapesium, atau modular yang terpisah antara bagian atas dan bawahnya. Ukurannya bahkan dihasilkan berbeda-beda, tergantung dari debit air yang akan dialirkan lewat gorong-gorong beton hal yang demikian.

Kelebihan Box Culvert Precast

Pencetakan material ini dapat dikerjakan di pabrik (disebut beton pracetak/beton precast) dan di lokasi konstruksi. Tapi memandang tingkat kepraktisannya, produk tipe beton precast sekarang lebih banyak dipakai. Untuk box culvert yang di produksi pada pabrik beton precast, biasanya dicetak dalam jumlah besar. Selain memproduksi produk ini umumnya pabrik beton pracetak juga memproduksi produk lainnya seperti grass block, paving block / konblok dan produk-produk beton pracetak lainnya.

Pasalnya, bila mengaplikasikan produk dengan cara precast tak akan memakan waktu yang lama untuk pengaplikasiannya. Pekerjaan lapangan cuma sebatas penggalian tanah dan pengecoran lantai kerja tanpa harus terganggu karena overlapping dengan pekerjaan struktur pracetak di lokasi. Sementara itu jikalau harus mengerjakan pengecoran di lokasi, waktu yang dibutuhkan lebih lama sampai beberapa bulan dan dapat memunculkan kemacetan yang panjang dalam jangka waktu yang tidak sejenak.

Kini box culvert precast lebih banyak diterapkan karena:

  • pemasangan box culvert lebih gampang dan cepat;
  • biaya instalasi lebih kecil; dan
  • mempunyai plat besi joint yang membikin struktur menjadi lebih kokoh dan kuat.

You may also like...

Popular Posts