Metode Pelaksanaan Pembuatan Box Culvert

Box culvert adalah produk beton pracetak yang dibuat khusus menyerupai bentuk kubus / box dengan ukuran yang lebih besar dari jenis saluran beton lainnya. Kegunaan utama dari produk beton box culvert ini adalah sebagai saluran air pada kebutuhan konstruksi, ia sering disebut sebagai gorong-gorong beton. Bentuk dimensi dari produk box culvert yang sering kita temui adalah persegi, tapi ternyata ada pula produk ini yang dicetak dengan bentuk selain persegi sesuai kebutuhan proyek.

Setiap produk box culvert telah disediakan semacam penghubung pada bagian sisinya agar dapat disatukan dengan produk lainnya. Bagian ini, yaitu socket dan spigot yang memiliki bentuk seperti pipa dan sifat-nya kedap air. Dengan adanya dua sistem ini menjadikan box culvert tidak akan mengalami kebocoran meskipun terjadi pergeseran tanah.

Pengaplikasian Box Culvert

Material beton ini diaplikasikan untuk kebutuhan saluran pembuangan drainase maupun irigasi yang letaknya berada di bawah konstruksi tanah. Karena ukurannya yang dibuat cukup besar, pemanfaatannya pun dapat digunakan sebagai area jembatan ataupun gorong-gorong kereta api. Banyak sekali pengaplikasian dunia konstruksi yang bisa memanfaatkan produk box culvert precast memngingat beragam manfaat dan kelebihan yang ia tawarkan.

Megacon Bangun Perkasa adalah perusahaan beton precast terbaik yang menyadiakan box culvert dengan cara pembuatan menggunakan teknologi modern dan pemilihan bahan material secara selektif. Kami senantiasa memperketat proses produksi dan perawatan terhadap produk ini guna menjadi kualitas mutu beton yang dihasilkan.

Metode Cara Pemasangan Box Culvert Precast

Dalam melakukan pemasangan box culvert, ada beberapa tahapan pelaksanaan yang harus dilakukan. Sebelum itu Anda harus membuat perancangan sesuai elevasi saluran yang akan dibuat. Berikut adalah tahapan pemasangan box culvert:

Mempersiapkan Area Pemasangan

Langkah awal yang harus dipersiapkan sebelum memasang box culvert adalah memeriksa area lokasi proyek. Hal ini agar Anda bisa memesan produk poster sesuai dengan ukuran kebutuhan lapangan, ukuran dari botol terdiri dari kedalaman dan lebar lubang yang akan dibentuk. Tentu saja lubang galian yang akan dibuat pada area proyek harus sudah memenuhi persyaratan umum yang telah ditentukan oleh pabrik. Lebar area galian juga harus disesuaikan dengan ukuran box culvert yang akan dipasang.

Lakukan Pelapisan Tanah

Setelah proses galian selesai, langkah selanjutnya adalah melakukan pelapisan tanah sebagai alas box culvert. Tujuan utama dari pelapisan ini adalah supaya tidak mudah bergeser ataupun permukaan nya tidak rusak ketika diletakkan di bawah galian tanah. Material yang digunakan sebagai pelapis tanah sebaiknya tidak kasar. Ukuran lapisan tanah bisa dibuat dengan ketinggian 75 mm maupun 150 mm tergantung bagaimana kondisi struktur tanah pada galian tersebut.

Tahap Proses Pemasangan Box Culvert

Proses ini adalah tahapan utama dari pemasangan box culvert. Anda dapat meletakkan material beton ini satu persatu, dimana box pertama harus sesuai dengan an garis Parit yang sudah direncanakan. Bahkan ketinggian dan kemiringan nya pun harus disesuaikan dengan peletakan. Untuk meletakkan box culvert selanjutnya, perhatikan bagaimana letak spigot dan socket masing-masing produk, karena hal ini sangat mempengaruhi daya tahan terhadap rembesan air.

Agar proses pemasangan lebih mudah, biasanya para kontraktor memanfaatkan alat berat / alat bantu yang berupa rantai agar dapat mengangkat box culvert tepat pada lubang galian yang direncanakan. Penggunaan rantai ini dimanfaatkan untuk ukuran box culvert yang mencapai lebih dari 5 ton.

Letak box culvert satu dengan lainnya harus dipastikan bahwa posisi spigot dan socket dapat menyatu dengan sempurna tanpa adanya celah. Tak heran jika dalam proses pemasangannya membutuhkan waktu sedikit lebih lama karena dibutuhkan ketelitian penuh agar tidak terjadi kesalahan yang tidak diinginkan.

Proses Pengurukan Tanah Kembali

Jika semua tahap di atas telah dilakukan dengan baik dan box culvert satu dengan lainnya telah menyatu tanpa adanya celah sedikitpun, anda dapat melanjutkan proses finishing dengan melakukan pengurukan dan pemadatan tanah kembali. Uruk kembali area sisi luar box culvert dengan tanah, hingga semua area bisa tertutup rapat dan rapi seperti keadaan semula. Proses pengurukan tanah kembali harus dilakukan dengan hati-hati, agar tidak sampai proses pemadatan ini justru menimbulkan kerusakan atau pergeseran pada produk-produk box culvert yang telah terpasang.

Jika saat ini anda sedang membutuhkan produk ini, kami merupakan perusahaan beton pracetak yang menyediakan produk box culvert berkualitas yang siap untuk anda pesan. Semua produk yang kami cetak telah memenuhi standar SNI dan ISO sehingga terjamin kualitas mutu beton yang dihasilkan. Jangan ragu untuk memesan produk ini pada kami, kami siap membantu segala kebutuhan material konstruksi pembangunan anda.