Pengaplikasian Kanstin Beton untuk Infrastrukstur di Indonesia

Kanstin atau yang biasa juga disebut dengan ini merupakan produk yang terdiri atas beton pracetak yang biasanya digunakan di bagian pinggir dari badan jalan atau tepi jalan. Fungsi utama dari keberadaan kan ini yaitu untuk membatasi Sisi badan jalan dengan trotoar atau bisa disebut juga sebagai pembatas.

Jenis Kanstin

Seiring dengan perkembangan zaman yang kian maju kini kanstin pun memiliki berbagai macam dan beragam variasi mulai dari jenisnya, bentuk hingga ukuran yang bisa memudahkan pembeli untuk menyesuaikan tingkat kebutuhannya. Berikut ini jenis-jenis kanstin yang perlu Anda ketahui sebelum anda memutuskan untuk membelinya:

Kanstin Parkir / Car Stopper

Jika anda sering berpergian ke tempat-tempat dan kemudian memarkirkan mobil anda terlebih dahulu, tentu anda akan tidak asing lagi dengan tonjolan-tonjolan yang berjajar di tempat parkir mobil disebut. Itulah yang disebut dengan car stopper beton atau biasa juga disebut dengan kanstin parkir.

Kanstin parkir ini memiliki ciri khas khusus yaitu memiliki tinggi yang lebih rendah dibandingkan dengan jenis kanstin lainnya. Tinggi dari kanstin ini mencapai 10 hingga 15 cm saja. Kanstin ini memiliki fungsi dan kegunaan yaitu agar gerak mobil dapat terhenti ketika memarkir mobil, sehingga tidak melampaui area Yang Semestinya. Karena ukurannya yang tidak terlalu tinggi ini maka tidak akan membuat goresan bumper ketika menghentikan laju roda saat sedang parkir.

Kanstin Trotoar

Sesuai dengan namanya, kanstin ini juga bisa diaplikasikan sebagai pemisah antara badan jalan dan juga trotoar. Pada kanstin trotoar digunakan oleh pejalan kaki dan memiliki desain khusus yaitu lebih tinggi dibandingkan area Jalan Raya ataupun yang dilalui kendaraan. Ukuran yang dimiliki oleh kanstin trotoar ini cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan kanstin taman.

Kanstin Taman

Kanstin Taman merupakan kanstin yang sangat sering digunakan di area perumahan dan terutama pada perumahan-perumahan menengah ke atas atau bisa digunakan juga untuk perumahan yang baru saja dibangun. Kita telah mengetahui bahwa hampir setiap perumahan-perumahan tersebut pastinya memiliki sebidang area yang digunakan untuk membuat taman. Taman tersebut biasanya juga diterapkan kanstin sebagai pembatas antara tanah dan juga jalanan yang ada di perumahan. Hal tersebut bertujuan agar taman dan Jalan akan terlihat lebih rapi dan lebih Asri.

Dengan adanya kanstin Taman ini maka akan semakin membuat daerah di sekitar Perumahan terlihat lebih tertata karena adanya pemisah antara badan jalan dan juga Taman tersebut. Fungsi lain dari kanstin Taman ini yaitu untuk menahan tanah agar tidak berserakan atau tercecer ke badan jalan.

Kanstin DKI

Kanstin DKI merupakan kanstin yang memiliki bentuk serupa dengan kanstin trotoar. Memiliki fungsi yang juga hampir sama yaitu untuk membatasi Jalan sekaligus juga memisahkan trotoar. Perbedaan dari kanstin DKI terletak pada dimensinya yang cenderung lebih besar dibandingkan dengan kanstin trotoar. Saat ini juga banyak orang menggunakannya dan biasa juga disebut dengan kanstin jumbo. Memiliki bentuk yang besar tentu saja kanstin ini juga memiliki kekokohan yang tidak tertandingi. Maka dari itu saat ini pembangunan infrastruktur yang ada di Indonesia terutama pada jalanan yang sering dilewati oleh kendaraan besar dan bermuatan banyak pastinya akan menggunakan kanstin ini sebagai bahan utama dari proyek yang sedang dijalankan.

Kanstin S

Kanstin S adalah kanstin yang juga biasa disebut dengan kanstin tali air. Juga memiliki penampilan yang bergelombang sesuai dengan namanya membentuk huruf S. Kanstin ini sedikit berbeda tampilannya dengan kanstin dari jenis lainnya yang cenderung rata dan juga tegas. Kanstin S memiliki fungsi sebagai penahan atau pengarah air untuk segera masuk ke dalam saluran drainase atau saluran pembuangan jika sedang musim hujan.

Kanstin Jepit

Kanstin jepit merupakan kanting yang juga biasa diaplikasikan untuk taman karena paling banyak digunakan di pinggiran taman untuk membatasi langsung dengan badan jalan. Keberadaan dari kanstin jepit ini juga sangat dibutuhkan untuk menjaga keindahan dan kerapian Taman khususnya pada taman taman yang berada di area perumahan.

Kanstin Lubang Air

Kanstin lubang air merupakan kanstin yang memiliki lubang ditengahnya yang fungsinya adalah untuk membuang air ke saluran gorong-gorong atau biasa juga disebut dengan u-ditch. Kanstin ini juga sangat sering kita temukan di di pinggiran jalan terutama yang memiliki kondisi jalan turunan.

You may also like...

Popular Posts